Keindahan Goa Jomblang, Gunungkidul Yogyakarta

Keindahan Goa Jomblang, Gunungkidul Yogyakarta

Keindahan Gua Jomblang memang tiada taranya. Gua yang ada di Pegunungan Sewu Gunungkidul ini memang tempat tujuan wisata yang sangat cocok untuk kamu yang hobi petualangan dan juga pecinta alam. goa Vertikal dengan dalam sekitar 80 meter ini sangatlah indah dan juga menantang adrenalin.

Goa Jomblang ini memiliki 4 Jalur, Yaiut Jalur VIP,Jalur A, B dan C. untuk kamu yang baru akan mengunjungi Goa Jomblang pertama kali, disarankan untuk menggunakan jalur VIP karena merupakan Jalur termudah. Namun jika kamu sudah berpengalaman ‘bermain’ dengan satu tali (SRT) kamu bisa mencoba jalur lainnya.

Jalur A, B dan C memiliki ke dalaman yang berbeda. yaitu masing masing 20 meter, 60 meter dan 40 meter. kamu harus benar-benar menyiapkan alat-alat SRT lengkap dengan safety tentunya. karena jalur lumayan terjal.

ketika saat berada didasar goa, kita dapat menemukan beberapa tumbuhan yang tumbuh subur dan merimbun, pada dinding kapur di dalamnya ditumbuhi banyak sekali tanaman perdu. Setelah sampai dasar, kamu juga dapat beristirahat pada sebuah bilik alami karena bentukan alam.

Setelah itu anda dapat meneruskan perjalanan dengan menyusuri lorong penghubung goa Jomblang dengan goa vertikal lainnya yang ada di sekitar goa jomblang, Lorong tersebut cukup lebar dengan panjangnya adalah sekitar 500 meter.

Nah , untuk menyusuri lorong penghubung itu kamu dapat dengan mudah melaluinya karena didalamnya sudah terdapat jalan setapak yang dibentuk dari bebatuan yang telah disusun memanjang. Namun kamu juga harus tetap berhati-hati dan waspada karena jalan tesebut sangatlah licin dikarenakan udara dalam gua yang lembab.

Setelah sampai di ujung lorong yang juga merupakan dasar dari goa Grubug, kamu sudah bisa melihat keindahan yang luar biasa yang tersimpan di goa ini. ada dua stalagmit yang cukup besar dan berwarna hijau agak kecoklatan yang berdiri tegak di tengah dasar gua Grubug, pemandangan tersebut sangatlah langka , dan tidak ada di permukaan bumi , karena hanya bisa dilihat di dalam goa.

Dan apabila sudah mencapai dasar gua Grubug tepat pada pukul 13.00 WIB penjelajah juga akan dapat melihat pemandangan yang sangat eksotik di negeri ini , pemandangan luar biasa tersebut tercipta dari sinar matahari yang menerobos langsung masuk ke dalam kegelapan dasar dari gua Grubug. Sinar matahari juga menyentuh sejumlah stalagtit dan stalagmit yang terbentuk dari tetesan air yang telah ada selama ribuan tahun.

Lokasi Goa Jomblang, Gunungkidul Yogyakarta

Gua Jomblang terletak Jetis Wetan, Kecamatan Semanu,Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta.

Akses dan Rute menuju Goa Jomblang, Gunungkidul Yogyakarta

Untuk mengunjungi Goa Jomblang Gunung Kidul anda bisa menggunakan angkutan umum. jika anda dari terminal Giwangan, anda naik bus jurusan Jogja-Wonosari, turun di Terminal Wonosari / Simpang Lima Wonosari, kemudian naik angkutan umum jurusan Semanu. sesampainya di terminal Semanu, kamu bisa naik ojek menuju rumah Kepala Dusun / Dukuh Jetis Wetan untuk menitipkan barang dan mambawa peralatan yang akan dibawa ke gua, setelah itu anda bisa berjalan 3 km sampai bibir gua.

Harga Tiket Masuk Gua Jomblang

Untuk memasuki gua ini tidak dipungut biaya. ( jika membawa prelatan sendiri). namun jika kamu ingin menyewa paket peralatan lengkap, diperkirakan biayanya sekitar 450 ribu hingga 1 juta. tergantung dengan peralatan dan peket yang di sewa.

Comments are closed.

Share This

Share this post with your friends!